Asyiknya english fun day

Salah satu program kerja Lentera Negeri yang dilaksanakan di bulan januari 2014 adalah English Fun Day. Ide kegiatan ini adalah untuk mengurangi kejenuhan adik-adik di Sekolah Anak Negeri. Jadi belajarnya yang selamah ini di rumah (sekolah anak negeri) kita pindahkan ke tempat terbuka. Selain itu, kegiatan ini berfungsi untuk melakukan evaluasi dari proses belajar selama ini. Evaluasi yang tidak kaku, tetapi dalam nuansa games. Olehnya diberi nama “English Fun Day” , bermain, belajar dan bergembira.

Muatannya adalah Games dan Conversation. Tempat yang kita pilih adalah di tepi danau Unhas Tamalanrea. Tempat yang murah meriah, dekat dari sekolah anak negeri dan suasananya cukup nyaman.  Persiapannya sederhana saja, seminggu sebelum kegiatan diadakan pertemuan relawan, mendiskusikan mengenai muatan kegiatan, publikasi, dan mobilisasi peserta. Setiap relawan diminta untuk menyiapkan satu games yang bisa dilakukan dalam kelompok dan juga games untuk keseluruhan. Publikasi dilakukan lewat FB agar relawan bisa banyak yang hadir, sekaligus sosialisasi tentang kegiatan sosial Sekolah Anak Negeri. Adik-adik di sekolah anak negeri diinfokan untuk membawa bekal masing-masing dan akan dijemput dengan Pete-pete (angkot). Kegiatan dilakukan pada hari Minggu, tanggal 5 januari 2014. Jam 8.00 pagi Adik-adik sudah dijemput, namun mobilisasinya ternyata tidak mudah. Banyak adik-adik yang awalnya tidak ingin ikut dikira ada acara berenang sehingga tidak diijinkan oleh orang tuanya. Setelah diberi penjelasan ulang, dibantu dengan ibu ustadz maka adik-adik pun dengan segera mengambil tempat di Pete-pete.          Sesampai di lokasi acara, langsung dilakukan “ice breaking“. Adik-adik yang berasal dari kelas berbeda + tambahan dari peserta luar membuat mereka masih malu-malu dan belum saling kenal. Ice breaking yang dipandu oleh kakak relawan ” Baso Hamdani” berhasil memecah kebekuan dan membuat adik-adik bersemangat. Apalagi setelah dilanjutkan dengan games, relawan dan peserta sangat menikmatinya. Selanjutnya peserta dibagi dalam kelompok kecil, mereka membuat yel-yel, belajar conversation dan games berdasarkan kreativitas pendampingnya.  Yang paling menarik kelompok didampingi kak wiwi, adik-adik diajar menyanyi bahasa inggris sambil berputar putar..he…he…

 
 
 

Selesai makan siang bersama, adik-adik diarahkan ke mesjid kampus, lalu dilanjutkan dengan games secara bersama. Kakak Udpa membuat cerdas cermat yang sangat antusias diikuti oleh peserta. Alhamdulillah selama kurang lebih belajar, vocabulary adik-adik sudah mulai berkembang, namun belum sanggup untuk bercakap. Yang menggembirakan adalah antuasisme mereka belajar bahasa inggris.  Apalagi setelah dijanjikan hadiah berupa buku. Padahal bukunya memang akan di berikan kepada setiap peserta sebagai bantuan menjelang masuk sekolah.

 

Tak terasa waktu sudah sampai jam 15.00. sebelum bubar, kita berfoto bersama dan meneriakkan yel-yel Lentera Negeri: – ” Anak Negeri : Siap belajar, Siap Berjuang, Indonesia Maju : Insya Allah”. Acaranya alhamdulillah sukses. Ke depan akan diadakan lagi di tempat yang berbeda. Bersama relawan yang kreatif dan bekerja dengan hati.

Tinggalkan Balasan