Bakti Sosial Lentera Negeri, Dusun Tallasa, kab. Maros

Setelah serangkaian persiapan yg dilakukan oleh panitia dan segenap volunteer lentera negeri (LN), akhirnya tiba di hari pelaksanaan baksos. Lokasi baksos LN kali ini adalah Dusun Tallasa, Desa Samangki, Kec. Simbang, Kab. Maros. Baksos dilaksanakan selama 2 hari, 13-14 feb 2016.

1455326455724

Sabtu pagi, kami berkumpul di halaman gedung ipteks. Pagi itu sangat cerah. Matahari bersinar dengan sangat indahnya, mungkin itu sebagai pertanda bahwa kami akan menemukan hal indah di tempat baksos nantinya. Sesampai di gedung ipteks, sudah ada beberapa relawan dan partisipan yg menunggu, tak lupa 3 mobil angkutan umum alias pete pete terparkir cantik di sana. Sebagian peserta baksos memilih untuk mengendarai motor. Sekitar pukul 09.30 wita, kami pun berangkat menuju lokasi. Walaupun di dalam pete pete kami harus berdesakan, namun itu tidak mengurangi semangat kami. Sekitar satu jam-an, kami pun tiba dipertigahan jalan. Sepertinya kami harus berganti mobil.

Kami semua turun dan menunggu jemputan mobil pete pete dari dusun talassa. Medan perjalanan dari pertigahan jalan poros menuju dusun tallasa lumayan menantang, jadinya cuman beberapa supir mobil yg berani melewatinya. Kami menunggu hampir 30 menit. Sambil menunggu, beberapa peserta ada yg bersenda gurau, membuka bekal (kacang telur, roti dll) kemudian dinikmati bersama, ada juga yg iseng foto foto. Pete pete jemputan pun datang. Waktu itu saya memilih untuk dibonceng motor. Sempat takut dengan medan jalannya, sempit bebatuan berbelok belok dan licin. Tp rasa takut sedikit demi sedikit tergantikan dengan rasa kekaguman atas lukisan Sang Pencipta yg terpampang di depan mata, sangat indah. Hati tidak pernah berhenti untuk berdecak kagum pada-Mu Yaa Rabb.

20160213_143917
     Alhamdulillah…Kami pun tiba di rumah bapak dusun.

Kami pun istirahat sejenak sembari makan siang dan sholat. Sekitar  jam 14.00 wita, kami mulai untuk briefing dan segera bergegas untuk memulai kegiatan pertama, pembuatan perpustakaan dan pembagian sembako di dusun tallasa baru. Untuk sampai ke dusun tallasa baru, kita harus berjalan kaki sekitar 30 menit. Capek? Pasti. Tapi rasa lelahnya terbayarkan. Di sepanjang perjalanan lagi lagi kami disuguhi pemandangan yang sangat indah, udara segar dan keramahan beberapa penduduk lokal yg sempat mengajak kami singgah di rumahnya.

20160213_150215

Sesampainya di dusun tallasa baru, beberapa kakak volunteer mulai merakit lemari untuk perpustakaan. Sebagian lainnya mulai melancarkan aksinya, membagikan sembako di tiap tiap rumah. Tak lupa pula, kami mengajak anak anak dusun tallasa baru untuk berkumpul besok di halaman sekolah.

20160213_153253.jpg

Jam sudah menunjukkan pukul 17.00 wita. Kami sempat mencicipi masakan warga sebelum bergegas pulang ke rumah pak dusun tallasa. Makanannya sangat enakkk dan cukuplah untuk penambah tenaga kami.

Di perjalanan pulang, tangan ini tak henti hentinya menggerakkan kamera ponsel untuk mengabadikan lukisan Sang Pencipta. Lukisan senja yang selalu kufavoritkan, akhirnya muncul. Ahh tak ada lagi kata yang bisa menggambarkan keindahannya…

20160213_181329

Aku selalu bersyukur karena Allah selalu memberikan hiburan senja sebagai obat kelelahan setelah seharian beraktivitas.

Saking terpukaunya dengan keindahan alam, saya dan kak ani ( salah satu volunteer LN) tertinggal jauh dari rombongan. Kami jalan paling terakhir. Mungkin karena kami terlalu asyk memotret sampai lupa waktu. Dan waktu itu, stok air minum sudah habis, hari sudah mulai gelap dan kami kehausan. Kami pun sempat inisiatif untuk minta air di rumah warga, namun tak berhasil. Rumah warga disepanjang perjalanan dapat dihitung jari dan tak jarang rumahnya kosong, atau ada anjing penjaga yg suaranya nyaring sekali. Kami berdua takut, dan niat minta air pun diurungkan dan kami mengunyah permen karet untuk pengganti air. Dalam keadaan takut, kami masih sempat bergurau jikalau ada yg pingsan diantara kami, kami sudah tahu harus berbuat apa. Hahah

1455504195971

Dan ketika berada di jalan beton, ada sorot lampu dari depan dan ternyata itu kak mail dan kak sam yg datang menjemput. Kami pun bisa bernafas lega.
(Nb: jangan terlalu asyk dengan sesuatu, sampai lupa waktu dan sekelilingmu #selfreminder)

Di malam harinya, dilakukan pembuatan perpustakaan untuk dusun tallasa lama. Kemudian dilanjutkan dengan sharing volunteer. Tak lupa pula evaluasi kegiatan hari itu dan mempersiapkan diri untuk kegiatan esok. Mengingat listrik di tempat baksos masih sangat minim, sehingga malam itu listrik seringkali padam. Bahkan untuk ke kamar mandi pun, kami harus membawa senter. Di sana, kami menggunakan wc umum yang letaknya di depan rumah pak dusun. Terdiri dari 2 kamar mandi dan satu diantaranya hanya menggunakan seng sebagai pintunya.

Keesokan harinya (14 februari 2016), setelah sarapan, kami pun bergegas ke sekolah. Disana sudah berkumpul banyak anak anak beserta ibunya. Pagi itu kita awali dengan senam sehat ceriaaaa yeyyy. Senam kali ini di pimpin oleh kak wulan, kak wahda dan beberapa kakak volunteer lainnya.

1456885804732.jpg

Setelah senam, anak anak dibagi dalam beberapa kelompok. Dan bersiap untuk mengikuti beberapa item permainan. Kakak kakak LN sudah bersiap di posnya masing masing. Item permainannya antara lain : balap karung, tiup bola pingpong, memecahkan balon, dan sarung sinergi.

1456883349564

1456883360964

1456883351222

Selain itu ada item kesehatan berupa PHBS ( perilaku hidup bersih dan sehat ), penyuluhan kesehatan gigi dan mulut dan pemeriksaan kesehatan. Adek adek diajarkan untuk selalu membiasakan hidup sehat yang dapat dimulai dengan sebuah langkah kecil yaitu membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan. Selain mencuci tangan, adek adek juga mempratekkan cara menyikat gigi yang baik dan benar.

1456883295537.jpg

1456557820484

Pada baksos kali ini, pihak lentera negeri menerima donasi bibit tanaman dari Kemenhut dan komunitas makassar berkebun. Jadi tak lupa kakak volunteer mengajarkan adik adik untuk menanam pohon dan senantiasa menjaga lingkungan.

1456883332674.jpg

Setelah asyk bermain, tiba saatnya pembagian hadiah untuk tim yg memenangkan lomba dan yel yel. Ada juga pemberian hadiah ke adik adik yg berhasil menjawab pertanyaan dari kak syahid. Semuah hadiah mendarat dengan mulus di tangan adik adik. Mereka anak anak yang sangat cerdas dan bersemangat.

1456883474628.jpg

1456883373955.jpg

Sekitar pukul 11.00 wita, matahari sudah sangat terik. Adik adik dikumpulkan dan membuat lingkaran besar. Mereka dipandu oleh kk bintang untuk memikirkan mau jadi apa mereka kelak. Dengan iringan musik laskar pelangi, adik adik mulai menutup mata dan merenungi impiannya. Ketika mereka mulai membuka mata, beberapa adik mengungkapkan cita citanya. Ada yg ingin menjadi polisi, dokter, guru, pemain bola dll.

“Teruslah bermimpi dik, bawalah mimpi kalian hingga ke langit. Jangan takut jatuh, karena akan selalu ada bintang bintang yang siap menangkapmu”

1456559139892

 

 Written By :

kak fatma

 Fatma mappeare   

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan