Bakti sosial Lentera Negeri, Pulau laiya

Pulau laiya adalah salah satu pulau yang terletak di kabupaten pangkajene kepulauan, tepatnya di desa Mattiro labangeng kecamatan liukang tapabiring. Dari pelabuhan paotere Makassar butuh waktu 3 jam lebih untuk sampai ke pulau tersebut. pulau yang dihuni oleh 190 kepala keluarga ini memiliki pemandangan yang sangat indah, terdapat tanjung yang membentang dari utara ke selatan dan juga pulau yang terbilang cukup bersih.meskiupun begitu pendidikan di pulau ini masih jauh dari kata layak, kurangnya fasilitas yang memadai dan kurangnya guru-guru yang berkualitas di tambah lagi kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan terbilang cukup rendah yang menambah catatan merah pendidikan di pulau ini. Melihat kondisi yang demikian itu relawan lentera negeri tergerak untuk melakukan bakti sosial di pulau laiya ini.

1468929472944  1468929477204 1468929478756

Setelah kurang lebih sebulan penuh mempersiapkan segala sesuatu untuk kelancaran bakti sosial ini, akhirnya tiba saatnya untuk berangkat menunaikan misi mulia ini. Di tandai dengan berangkatnya 8 orang relawan perintis pada jum’at 12 Agustus 2016 untuk mempersiapkan segala sesuatunya yaitu tempat tinggal, informasi ke warga dan anak-anak pulau laiya. Sabtu 13 Agustus 2016  para relawan dengan bekal dan peralatan lengkap sudah berkumpul di pelabuhan paotere sembari menunggu relawan yang masih dalam perjalanan menuju pelabuhan paotere. tepat pukul 09:10 wita mesin kapal yang ditumpangi para relawan sudah dibunyikan yang menandakan bahwa kapal tersebut siap meninggalkan dermaga dan berlayar menuju pulau laiya.

1471441429205 DSC_0012DSC_0009

Sekitar 3 jam lebih berlayar terlihat dari kejauhan sebuah pulau dengan dermaga yang indah serta lambaian tangan para relawan perintis dan warga serta anak-anak yang berarti kami telah sampai di tujuan yaitu pulau laiya kabupaten Pangkep. Sapaan ramah dan dari warga dan anak-anak penduduk pulau menghilangkan lelah dan letih selama perjalanan. Para relawan langsung menuju rumah tempat kami menginap yaitu rumah kepala desa Mattiro labangeng yang dijadikan posko baksos ini dan ternyata hidangan makan siang sudah tersaji di meja. Para relawan mengatur barang dirumah tersebut dan beristirahat sejenak sambil menyantap makan siang yang sudah disediakan. Setelah waktu istirahat dan makan siang dirasa cukup para relawan pun berkumpul untuk breafing singkat untuk merealisasikan agenda-agenda bakti sosial yang sudah di buat sebelumnya.

DSC_0098  DSC_0095 DSC_0202

Tak butuh waktu lama para relawan bergegas menuju taman baca yang ada di pulau tersebut untuk membuat sebuah perpustakaan mini. segala perlengkapan termasuk buku-buku dan rak buku di bawa ke tempat tersebut  dan para relawan pun mengatur serta merapikan buku-buku yang ada. Setelah semuanya selesai mereka lalu menuju ke masjid yang juga merupakan TPA ini. Mereka menaruh rak kecil yang berisikan al-qur’an, iqro dan juga bacaan yang bertema islami. setelah itu para relawan kembali ke rumah pak desa yang merupakan posko dari relawan lentera negeri ini yang berarti bahwa agenda pertama yaitu pendirian perpustakaan mini di taman baca dan TPA telah selesai di laksanakan. mereka beristirahat sejanak untuk melaksanakan agenda kedua dari bakti sosial kali ini.

1471441485795 1471441466717 DSC_0149

Hari menjelang sore, pertanda agenda kedua yaitu perlombaan buat anak-anak dalam rangka menyambut hari kemerdekaan republik Indonesia yang ke 71 siap di mulai. para relawan menuju ke lapangan. Ternyata anak-anak ini sudah menunggu di lapangan untuk mengikuti lomba yang akan diadakan oleh kakak-kakak dari lentera negeri. mereka terlebih dahulu di beri ice breaking untuk memberikan semangat kepada adik-adik ini sembari menunggu kakak-kakak yang lain menyiapkan perlengkapan lomba. lapangan sudah dipenuhi oleh adik-adik dan warga pulau laiya, dan rangkaian lomba dimulai dengan lomba makan kerupuk sebagai pembuka. adik-adik pulau laiya sangat antusia mengikuti lomba ini. diiringi oleh sorak-sorak relawan dan para warga yang hadir di lapangan ini. lomba-lomba berikutnya adalah lomba lari karung, lomba lari kelereng dan di tutup dengan lomba masukan paku dalam botol yang memerlukan kerja sama tim yang baik. lapangan menjadi riuh dipenuhi oleh sorak-sorai serta tawa dari warga dan para relawan lentera negeri.

1471441511320 1471441509708 1471441517877

acara di tutup dengan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba serta pembagian gody bag yang berisi alat tulis kepada adik-adik pulau laiya. Hari menjelang malam dan itu artinya acara perlombaan telah usai. para relawan telah selesai melaksanakan agenda keduanya. Dari lapangan mayoritas relawan tak langsung pulang mereka singgah di dermaga dan tepian laut untuk menikmati sunset yang sangat indah. sungguh pemandangan elok nan cantik melihat matahari terbenam dari pulau laiya ini.

IMG_20160813_175121 IMG_20160813_180707 IMG_20160813_180517

Hari sudah malam saatnya para relawan kembali ke posko untuk membersihkan diri dan juga beristirahat sejenak menunggu waktu pelaksanaan agenda bakti sosial berikutnya. waktu menunjukkan pukul 8 malam dan para relawan mempersiapkan diri menuju ke Gor yang ada di pulau untuk melaksanakan agenda berikutnya yaitu peringatan milad 3 tahun Lentera Negeri. Para relawan berkumpul di Gor dan memulai acara peringatan hari jadi lentera negeri yang ke-3 ini. Acara di buka dengan pemutaran video perjalanan LN dari awal sampai saat ini dan juga menampilkan beberapa ucapan selamat dari para relawan dan juga simpatisan lentera negeri. berikutnya adalah sharing singkat dari para perwakilan relawan lentera negeri dari TOV 1 ssampai ke TOV 5, para perwakilan angkatan ini menceritakan pengalaman dan perasaan selama bergabung dengan komunitas edukatif ini. Tiba saatnya momen yang paling di tunggu-tunggu yaitu peniupan lilin dan pemotongan kue dalam rangka memperingati hari jadi lentera negeri yang ketiga ini. selanjutnya adalah tukar kado yang telah disiapkan oleh para relawan yang sudah di isi dengan kata-kata kreasi sendiri. karena ada sedikit kendala teknis akhirnya acara tukar kado ini di pindahkan ke dermaga pulau. Masing-masing relawan mengambil kado sesuai dengan nomor yang telah di bagikan masing-masing. kado yang di dapatkan juga bermacam-macam mulai dari buku hingga pernak-pernik lainnya. kado yang sangat istimewa di dapatkan oleh kak Achmad waris Amir  yang juga merupakan ketua panitia dalam kegiatan baksos kali, kado yang mungkin tidak bisa di lupakan selama hidupnya. Selesai sudah seluruh agenda baksos di hari pertama. para relawan kembali ke posko untuk beristirahat guna mempersiapkan untuk agenda bakti sosial keesokan harinya.

1471441526320 1471441542863 1471441550154

cahaya matahari perlahan menyinari pulau, yang menambah keindahan pulau laiya ketika sang fajar menyingsing. para relawan mulai keluar dari peristirahatan untuk menikmati segarnya udara yang dihiasi silauan sang mentari pagi itu. relawan menuju kelapangan untuk melaksanakan senam pagi bersama anak-anak pulau laiya. antusias anak-anak tersebut patut di acungi jempol mereka sudah siap semua dengan pakaian olah raga membungkus tubuh mungilnya. sehabis senam ini anak-anak pun di ajarkan prilaku hidup bersih dan sehat oleh kakak relawan seperti cuci tangan dan gosok gigi yang baik dan benar, tak lupa pula diajarkan tentang kebersihan lingkungan. setelah mendengar arahan dari kakak relawan adik-adik bergegas memungut sampah di sekitar lapangan dan mengumpulkannya pada trash bag yang sudah disediakan oleh kakak relawannya.

DSC_0360 1471441580990 1471441584376

Di waktu yang sama di tempat terpisah tepatnya di Poli klinik desa (Polindes) sebagian relawan juga mengadakan pemeriksaan kesehatan. pemeriksaan kesehatan ini di tujukan oleh ibu-ibu dan bapak-bapak warga pulau laiya yang ingin berkonsultasi atau memiliki masalah dengan kesehatan.pemeriksaan kesehatan ini terdiri dari pemeriksaan gula darah, kolestrol, asam urat tekanan darah dan lain-lain sebagainya. para relawan yang berlatang belakang kesehatan ini pun dengan ramah dan sigap melayani warga pulau laiya serta menjawab keluhan-keluhan warga mengenai masalah kesehatan.

1471441401993  1471441403395

Usai sudah semua rangkain acara bakti sosial lentera negeri di pulau laiya ini, para relawan kembali ke posko untuk beristirahat dan juga mempersiapkan barang-barang sembari menunggu nahkoda kapal yang akan mengantar kembali ke dermaga paotere Makassar. pukul 2:30 siang sang nahkoda sudah memanggil dari dermaga dan para relawan pun siap untuk naik ke kapal. Tali pengikat kapal sudah di lepas dan mesin kapal sudah di bunyikan. lambaian tangan dari anak-anak pulau laiya mengakhiri kisah para relawan lentera negeri di pulau tersebut.

1471441658262

One thought on “Bakti sosial Lentera Negeri, Pulau laiya

Tinggalkan Balasan