Kalian dan Kebahagian

Perasaan “Pantas” dapat tumbuh subur pada situasi dimana perbedaan individu di hargai, kesalahan di tolelir, komunikasi terbuka, aturan yang fleksibel, dan situasi ini hanya ada di dalam keluarga. Mungkin seperti inilah yang kurasakan semenjak memutuskan untuk bergabung di Lentera Negeri beberapa bulan lalu, tepatnya pada April, 2015 lalu. Berperan sebagai relawan memang sudah menjadi salah satu harapanku sejak dulu, dan Lentera Negeri hadir menjadi wadah untuk mengubah harapan itu menjadi nyata.

Lentera Negeri adalah salah satu komunitas sosial edukasi yang berada di kota Makassar. Lentera Negeri ini sendiri memiliki beberapa program dalam mencapai visi misinya. Salah satu programnya adalah Sekolah Anak Negeri yang tersebar di berbagai wilayah di kota Makassar.

Kesukaanku akan mengajar anak kecil menjadi salah satu alasan mengapa aku berada di komunitas ini. Menjadi bagian dari keluarga besar Lentera Negeri ini merupakan salah satu bentuk hadiah terbaik yang pernah kudapatkan. Ibarat bulan dan bintang di malam hari yang saling melengkapi dan menghiasi langit, seperti itu pula yang terjadi di dalam komunitas edukasi ini. Beranggotakan para relawan pendidikan yang bagiku merupakan orang-orang luar biasa menjadi pelengkap atas kekurangan dan keterbatasan yang kumiliki saat ini.12347630_10201205891745743_7491412106494074942_n

Aku bukanlah orang yang memiliki kreativitas yang bisa diandalkan, tetapi mereka para relawan lentera negeri selalu ada untuk melengkapinya. Tak cukup setahun aku berkenalan dengannya dan mereka sudah mempunyai tempat istimewa di hati ini.

Tuhan Maha Penyayang, aku yakin Tuhan menyayangiku dengan cara tidak hanya memasukkan para relawan luar biasa itu ke dalam hidupku, tapi Tuhan juga mengirimkanku malaikat-malaikat kecil yang selalu hadir menambah keceriaanku tiap minggunya. Sebagai salah satu relawan di Lentera Negeri, dan program Sekolah Anak Negeri yang dimilikinya, aku menjadi kakak relawan pendamping, dan pengajar di salah satu kelas binaan Lentera Negeri tepatnya di kelas E, Antang yang letaknya di salah satu masjid yang masih berada di kawasan Antang, kota Makassar. Hampir setiap Minggunya aku bertemu para malaikat kecil ini. Segala tingkah laku mereka, senyum mereka, senyum anak anak sekolah Anak Negeri menghiasi hampir setiap Mingguku.

12342487_10201205890465711_7148029762317810476_n

Lelah, ? Iya dan itu tak bisa kupungkiri, tapi semuanya terbayarkan dengan kebahagiaan yang aku liat dan aku rasakan bersama mereka. Malaikat kecil inilah yang mengajarkanku bagaimana menjadi sosok kakak,orang tua, dan pribadi yang baik. Mereka tak hanya mengajarkan untuk tidak selalu memandang ke atas, tapi mereka jualah mengajarkanku bagaimana untuk bersyukur ketika hidup yang kujalani ini sedang berada pada titik terendah.

Mereka telah menjelma menjadi guru kehidupanku. Kakak-kakak relawan dan adik-adik Sekolah Anak Negeri yang sudah menyatuh dan menjadi bagian dari keluarga mereka. Sungguh merupakan suatu anugerah yang luar biasa bagiku.

Para malaikat kecil pengiburku yang selalu mengajarkanku banyak hal yang bermanfaat bagi hidup ini. Mereka mengajarkanku bahwa untuk menjadi orang yang bermanfaat tidak hanya mengeluarkan hartamu untuk mereka yang membutuhkan, tapi akan lebih bermaanfaat ketika engkau ingin membagikan tenaga, memberikan waktu, membagikan pengetahuan, memberikan doa dan harapan untuk kehidupan mereka. Agar kelak dikemudian hari mereka akan menjadi lentera-lentera penerang negeri ini.

Terima kasih untuk Lentera Negeri yang telah menjadi salah satu cahaya penuntun di dunia pendidikan, terima kasih kakak-kakak di Lentera Negeri yang telah menyempurnakan di ketidaksempurnaan diri ini, terima kasih kepada adik-adik Sekolah Anak Negeri yang telah mengajarkan diri ini bahwa yang dibutuhkan hanyalah sebuah senyuman dan semua akan baik-baik saja.

I love you, I love them, and I love us because we are Lentera Negeri.

 

Written By

10154105_736109566410470_476979009_n

Nur Amni Uya Amda

2 thoughts on “Kalian dan Kebahagian

    • nanti kita akan buka oprec lagi kak, rencananya akhir tahun ini untuk angkatan ke 6,silahkan di pantau terus akun official Lentera negeri
      IG : Lenteranegeri
      Fb : Lentera_Negeri
      Twitter : Lentera_Negeri
      email : Admin@lenteranegeri.org

      Terima kasih

Tinggalkan Balasan