Kegiatan Bakti Sosial Lentera Negeri 2018, Desa Tapong, Bone.

Bone – Komunitas Lentera Negeri (LN) mengadakan kegiatan Bakti Sosial di desa Tapong, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Bone. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, tanggal 5-7 Januari 2018.

Bakti sosial ini diikuti oleh sekitar 50 orang relawan yang terdiri dari anggota lentera negeri sendiri dan sekitar 20 orang partisipan umum. Kegiatan ini meliputi pemberian motivasi kepada siswa SD, pemberian sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pemeriksaan kesehatan gratis, games bersama anak-anak, serta pemutaran film bersama warga lokal.

Amalia Fauziah selaku salah satu panitia pelaksana baksos LN 2018 menuturkan pengalamannya menuju lokasi baksos yang sangat mencekam. Jarak perjalanan yang jauh serta medan yang penuh rintangan terbayar setelah melihat senyum anak-anak Tapong serta antusias warga.

 

 

“Mobil dalmas yang kami tumpangi menuju desa Tapong mengalami beberapa hambatan di jalan. Mulai dari sulitnya mobil dalmas mendaki dan harus ditarik oleh warga agar mampu mendaki karena kondisi jalan yang sangat licin karena hujan. Selain itu, akses jalan untuk masuk ke desa juga sangat sempit sehingga kami harus menyambung perjalanan menggunakan mobil dari desa yang ukurannya lebih kecil. Sambil menunggu mobil jemputan, kami memutuskan untuk berjalan kaki sekitar setengah jam di medan yang berlumpur dengan penerangan senter handphone karena tidak adanya penerangan di jalan menuju desa. Kami memutuskan berjalan kaki karena tidak adanya akses jaringan, baik telpon ataupun internet di lokasi,” lanjut relawan yang bergabung dengan LN di tahun 2017 ini.

Dengan diadakannya kegiatan bakti sosial Lentera Negeri, saya mendapatkan pengalaman dalam bersosialisasi dengan masyarakat terpencil serta saya dapat membagi ilmu kepada para siswa dan siswi. Kegiatan ini sangat berguna bagi saya untuk meningkatkan hubungan baik antar sesama, sesuai dengan tujuan lentera negeri sendiri “Berbagai Bersama Untuk Anak Negeri. Bagi saya, kegiatan ini dapat meningkatkan rasa tanggung jawab, tolong menolong antar sesama, kerjasama kelompok, saling menghargai satu sama lain, dan melatih komunikasi antar sesama.

     

Ismail Djamil, salah satu relawan partisipan berharap semoga kegiatan bakti sosial Lentera Negeri dapat berguna bagi dirinya pribadi dan relawan yang lain untuk membangun kesadaran kepada sesama serta mengetahui berbagai manfaat yang akan kita peroleh jika kita berkontribusi terhadap masyarakat terpencil. Menurutnya, membangun kegiatan sosial adalah kegiatan yang mulia yang dapat mewujudkan kepedulian terhadap sesama terutama bagi orang-orang yang sangat membutuhkan bantuan.

Bondan Mappagiling, yang juga merupakan salah satu partisipan baksos, mengungkapkan hal senada dan menambahkan bahwa kegiatan seperti ini seharusnya lebih sering diadakan.

“Saya bangga dan bersyukur bisa terlibat dalam kegiatan ini. Terima kasih kepada LN yang telah memberikan pelajaran serta pengalaman yg luar biasa kepada saya. Sukses terus LN, ” ungkap pria kelahiran Bone ini.

Ridwan, selaku kepala desa Tapong, berharap agar kegiatan seperti ini bisa berlanjut. Menurutnya, kegiatan serupa perlu diadakan sekali setahun di desanya agar masyarakat termotivasi untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial.

Kegiatan Bakti Sosial ini ditutup dengan penyerahan buku bacaan ke taman baca di desa serta penyerahan Al-Quran dan Juz Amma dari LN ke TPA. (*)

Written By

Ratnah Kurniati

Tinggalkan Balasan