Meriahnya English Fun Day II di Benteng Rotterdam

Setelah program Bakti Sosial di desa parenreng kab. pangkep, disela-sela rutinitas mengajar mingguan di tiap-tiap kelas, Lentera Negeri Foundation meluncurkan program English Fun Day II. Wah, memang semangat relawan Lentera Negeri tidak ada habisnya. Kali ini program English Fun Day (EFD II) diadakan di Benteng Rotterdam. Pesertanya adalah 40 orang siswa sekolah anak negeri dari 5 kelas yang ada. Siswa yang memenuhi test vocabulary dasar di masing-masing kelasnya terpilih menjadi peserta. Memang konsep EFD (seperti juga EFD I) adalah sebagai ajang evaluasi proses pembelajaran selama enam bulan. namun evaluasinya dilakukan dengan suasana santai dan nyaman. Selain itu diharapkan mengobati kejenuhan di kelas masing-masing. Untuk itu belajar dan bermain benar-benar ditonjolkan dalam kegiatan ini. Benteng Rotterdam dipilih karena aspek kesejarahan dan memiliki tempat yang kondusif untuk kegiatan sosial seperti ini.

Mendiskusikan yel-yel kelompok dipandu kakak relawan

Sesuai kesepakatan panitia, peserta dari masing-masing kelas sudah berkumpul di Benteng Rotterdam pukul 09.00. Peserta yang pertama hadir adalah peserta dari kelas D, meskipun lokasinya terjauh dibandingkan dengan kelas lainnya. Wah, aplaus deh buat pendamping kelas D. Setelah peserta hadir semuanya, acara pun dimulai dengan games perkenalan dan pembentukan kelompok. Peserta diacak agar anggota kelompok tidak berasal dari kelas yang seragam. Setelah terbentuk kelompok, masing masing kelompok membuat yel-yel dan belajar reading (prounounciation). Setelah itu berkumpul kembali dan perlombaan yel-yel pun dimulai. Peserta dan relawan sama-sama bersemangat sehingga EFD begitu meriah.

Ranking I ala Lentera Negeri

Acara selanjutnya adalah test vocabulary dasar. ada 15 pertanyaan yang telah diramu oleh kakak fatma. Dari test ini yang dinyatakan lolos ke babak selanjutnya adalah 25 orang. Tes selanjutnya adalah sistem gugur ala rangking 1 sampai terpilih juara 1. Sampai siang, peserta masih tetap bersemangat, sampai lupa kalau makan siang telah tiba. peserta dan relawan pun makan siang bersama ala kadarnya. Setelah sholat dhuhur games selanjutnya adalah ular tangga anti korupsi. permainan ini mirip permainan ular tangga biasa, namun pertanyaannya tentang wawasan kebangsaan dan penanaman karakter anti korupsi. Persaingan antar kelompok sangat ketat membuat acara semakin meriah.

Nikmatnya makan bersama
Persiapan games ular tangga anti korupsi

Setelah jam 3 siang, pemberian paket alat tulis pada masing -masing peserta. pemberian hadiah juga diberikan pada pemenang masing-masing games. Terima kasih kepada donatur yang telah menyisihkan rejekinya untuk adik-adik kami di sekolah anak negeri. Terima kasih pula pada panitia EFD khususnya kakak Ismul dan kakak Uni yang bekerja keras tak kenal lelah banting tulang mengumpulkan dana dan menyukseskan acara ini. he..he…

Balon Impian

 

Bersama berbagi untuk anak negeri

Acara kemudian ditutup dengan acara balon impian. Setiap peserta diminta untuk menuliskan cita-citanya dan diterbangkan bersama-sama. Ternyata banyak relawan yang juga menitip impiannya. Semoga sukses semua adik-adik. Karena kesuksesan adalah hak semua insan.

Tinggalkan Balasan