Saya Perempuan Anti Korupsi “SPAK” , Tularkan virus anti korupsi ke relawan Lentera Negeri

SPAK adalah singkatan dari Saya perempuan Anti Korupsi, adalah sebuah gerakan yang mengajak orang-orang untuk menghindari prilaku koruptif. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa korupsi di negara ini sudah merajalela dan menjadi tradisi, mulai dari Korupsi yang nilainya  milyaran, sampai nilai terkecil, juga bentuk-bentuk korupsi seperti Gratifikasi ataupun pencucian uang. Para agen-agen SPAK bertebaran di seluruh penjuru negeri untuk melakukan sosialisasi terhadap masyarakat tentang prilaku koruptif yang kadang kita pun tidak sadar bahwa kita telah melakukan prilaku koruptif.

SPAK_170225_0019

Sabtu 25 februari 2017 kemarin para agen SPAK ini hadir di Rumah Relawan Lentera Negeri yang merupakan sekertariat dari komunitas Lentera Negeri. Agen SPAK masih mempunyai misi yang sama yaitu menularkan virus-virus anti korupsi kepada para relawan Lentera Negeri. Acara di buka dengan pengenalan SPAK yang dibawakan langsung oleh salah satu agen SPAK yaitu ibu Sustriana A Tahir yang juga merupakan orang yang mempertemukan SPAK dan Lentera negeri.

Beliau menjelaskan tentang latar belakang berdirinya SPAK sendiri yaitu dimulai dari survei KPK pada tahun 2012  di kota Solo dan Yogyakarta yang menemukan fakta bahwa hanya 4% orang tua yang mengajarkan kejujuran pada anaknya. Beliau juga menjelaskan tentang visi misi SPAK yang tidak lain adalah menanamkan prilaku anti korupsi dan diharapkan juga dapat terus menular orang-orang disekitar khusunya dalam lingkup keluarga sendiri.

SPAK_170225_0083

Selain perkenalan dan sosialisasi kepada para relawan Lentera Negeri, Gerakan nasional ini juga memberikan edukasi dalam bentuk games-games kreatif yang secara tidak langsung dapat mengedukasi para pemainnya untuk tahu apa saja yang tergolong dalam prilaku korupsi mulai yang skala besar dan juga skala yang paling kecil yang termasuk dalam prilaku korupsi. Games-games yang diberikan pun cukup menarik yang membuat para relawan dan para agen SPAK larut dalam tawa dan canda. games pun bervariatif mulai dari games untuk anak-anak samapai kepada tingkat dewasa.

SPAK_170225_0085

Games-games untuk anak-anak ini nantinya akan di terapkan di sekolah anak negeri yang merupakan kelas binaan dari komunitas Lentera Negeri untuk memberikan edukasi kepada anak binaan agar menanamkan karakter atau prilaku anti korupsi sejak dini. Diharapkan melalui media kreatif ini anak-anak yang berada di kelas-kelas Lentera Negeri bisa tahu tentang prilaku-prilaku korupsi agar mereka bisa terhindar dari prilaku tersebut.

 

para relawan lentera negeri dan agen  larut dalam keceriaan bermain games edukatif ini sehingga tak terasa waktu terus berjalan. Acara ini ditutup dengan memberikan media games edukasi ini kepada Komunitas Lentera Negeri ini untuk di tularkan kembali kepada anak-anak binaan lentera Negeri.                              SPAK_170225_0097 SPAK_170225_0096

Media Kreatif ini diserahkan langsung oleh agen SPAK kepada Komunitas Lentera Negeri yang di wakili oleh kak Syahid Arsjad selaku Founder dari lentera negeri, dan juga penyematan pin SPAk yang di wakili oleh kak Arnis Puspitha yang juga selaku Founder Lentera Negeri. Acara ini ditutup dengan foto bersama antara relawan Lentera Negeri dan para Agen SPAK yang menandai berakhirnya  acara yang penuh manfaat ini.

One thought on “Saya Perempuan Anti Korupsi “SPAK” , Tularkan virus anti korupsi ke relawan Lentera Negeri

Tinggalkan Balasan